Home
Keranjang
Chat
Akun

Memilih Childfree? Jangan Lupa Siapkan 3 Hal ini!

Diposting oleh admin pada 15 Februari 2023

Childfree sedang trend dibicarakan di sosial media setelah pernyataan dari Gita Savitri—seorang penulis dan influencer yang membuat publik geger.

Tak heran childfree menjadi topik yang terus dibahas di seluruh sosial media dilihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang membahas dengan pro dan kontra hingga menjadikannya kontroversi yang tak usai.

Childfree menurut Oxford Dictionary adalah kondisi ketika pasangan suami istri memilih untuk tidak memiliki anak. Banyak alasan yang membuat pasangan suami istri memilih tidak punya anak, salah satunya adalah finansial. Dengan childfree, pasangan suami istri gak perlu pusing dengan biaya pendidikan hingga biaya lainnya untuk anak.

Meski begitu, pasangan suami istri yang memutuskan childfree juga perlu menyiapkan rencana keuangan. Inilah beberapa tips merencanakan keuangan untuk pasangan suami istri yang memilih childfree:

1. Tabungan Hari Tua

Hal pertama yang perlu kamu siapkan ketika sudah memilih childfree adalah dengan menyiapkan Tabungan Hari Tua! Dengan memilih childfree artinya kamu tidak memiliki seseorang yang bisa kamu andalkan di masa tua nanti.

Oleh karena itu, tabungan hari tua adalah hal yang penting untuk kamu persiapkan agar masa tuamu dan pasanganmu tetap aman. 

Kamu bisa mengalokasikan beberapa persen dari penghasilanmu untuk tabungan di hari tua ya fams!

2. Persiapan Dana Kesehatan

Hal kedua yang perlu kamu persiapkan adalah dana kesehatan. Dana kesehatan akan membantumu dan pasanganmu jika memerlukan biaya besar untuk pengobatan tertentu.

Menyiapkan dana kesehatan sangat perlu di lakukan, agar kamu tetap aman secara finansial meski secara tiba-tiba membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatan.

Kamu bisa sisipkan beberapa persen dari penghasilanmu untuk persiapan dana kesehatan ya.

3. Asuransi Jiwa Pasangan

Dengan memilih childfree, artinya kamu akan cendrung mengandalkan pasanganmu dalam situasi apapun. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan asuransi jiwa untuk pasanganmu untuk berjaga-jaga atas kemungkinan terburuk.

Asuransi jiwa ini bisa menjadi peganganmu saat kemungkinan terburuk itu terjadi. So, jangan sampai lupa daftarkan pasanganmu ke Asuransi Jiwa. Kamu bisa menyelipkan sekian persen dari pendapatanmu.

Setelah menyiapkan 3 perencanaan keuangan diatas, kamu bisa mencari side hustle atau pendapatan sampingan agar keuanganmu tetap terencana meski gajimu harus di potong tabungan atau biaya darurat lainnya. Salah satunya bisa jadi Dropshipper di Clout Indonesia agar perencanaan keuanganmu semakin matang dengan pendapatan tambahan.

  Butuh Bantuan?